6 June 2015

SILATURAHMI MITRA PETUALANG 2015


Banyaknya komunitas dan organisasi pencinta alam di dunia nyata maupun dunia maya (sosial media) telah membawa warna tersendiri bagi perkembangan dunia petualangan di Indonesia. Hobi ini terbukti dapat diterima oleh masyarakat dari semua kalangan dan mengalami kemajuan yang luar biasa dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Hal ini dibuktikan dengan ramainya gunung-gunung di Indonesia pada setiap hari libur oleh kehadiran para pendaki gunung. Di satu sisi berkembangnya tren berpetualang ini membawa dampak positip bagi warga di sekitar lokasi, akan tetapi di sisi lain menimbulkan masalah serius bagi kelestarian alam dan keselamatan para pelaku kegiatan. Berita mengenai pendaki yang tersesat dan meninggal di gunung dalam beberapa bulan ini makin santer menghiasi headline surat kabar, bukti minimnya pengetahuan hidup di alam bebas.

Dibutuhkan sebuah kegiatan yang dapat menjadi ajang silaturahmi pencinta alam dan edukasi keselamatan berpetualang. Oleh sebab itu Komunitas Mitra Petualang (MP) berencana mengadakan kegiatan bertajuk “Silaturahmi Mitra Petualang 2015", “Adventure for care, solidarity, and worship".

Kegiatan silaturahmi ini merupakan rangkaian kegiatan yang mencakup workshop singkat materi pendukung keselamatan seperti pengenalan vertical rescue, basic life support, dan penatalaksanaan terkini hipotermia. Kegiatan lainnya adalah kolaborasi seni religi petualang yang melibatkan peserta dan perwakilan komunitas maupun organisasi pencinta alam pada malam keakraban. Rangaian kegiatan silaturahmi ini akan ditutup dengan bakti sosial pembagian bingkisan kepada anak yatim dan fakir miskin.

II. TEMA KEGIATAN

“Adventure for care, solidarity, and worship”

III. MAKSUD DAN TUJUAN

1. Mengisi bulan suci Ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat dan mendatangkan pahala.
2. Menjalin silaturahmi dan kerjasama antar sesama pencinta alam dan pehobi petualang yang berasal dari berbagai latar belakang, usia, organisasi, dan komunitas.
3. Sebagai sarana edukasi tentang pendukung keselamatan berpetualang di alam bebas melalui pemberian materi pengenalan Vertical Rescue, Basic Life Support, dan penatalaksanaan terkini hipotermia.
4. Melakukan bakti sosial sebagai bentuk kepedulian terhadap saudara-saudara kita dari anak yatim dan fakir miskin yang lebih membutuhkan.
5. Sebagai wahana penyaluran bakat seni para petualang dan ajang sharing kisah nyata pendakian gunung es serta musibah yang sedang fenomenal.
6. Mengangkat potensi wisata alam Hutan Penggaron sebagai destinasi wisata favorit dan wisata minat khusus di Kabupaten Semarang.




1 komentar:

  1. Mantap... Sukses to MITRA PETUALANG...

    ReplyDelete