21 November 2013

SEJARAH MITRA PETUALANG

          Bagaimanapun juga sebuah sejarah tidak boleh diabaikan apalagi di lupakan.....sebelum menjadi sebuah Forum GRUP MITRA PETUALANG, kami hanyalah sekumpulan orang-orang penggiat alam bebas yang berteman melalui jejaring sosial Facebook yang tergabung dalam sebuah GRUP TREKKING. Dari sinilah awal perkenalan kami, hingga pada suatu saat tanggal 9 Februari 2012 kami mengadakan kopdar PRE KOPDAR TREKKING di rumah saya yang diprakarsai mas Dede Ulilsiwo beserta keluarga kecilnya dari Cilacap dan Tasmiyatun Maratusholhah-Purwokerto, turut hadir juga Satria Manggala-Solo,Ipung Ratna Muthokaroh-Jogja,Andy De Java-Solo,Otot Kawat-Solo,Bakat Setiawan-Boyolali, Abie Aremania-Boyolali,Fahi Ahmad-Solo,Si Cew Gendeng-Boyolali,Adel Cekodel-Boyolali,Egy Tomboy dan Adiyta Nugroho-Bekasi dll.....kita hanya kopdar kecil-kecilan untuk membahas KOPDAR TREKKING II yang menghasilkan keputusan bahawa KOPDAR TREKKING II dilaksanakan di JOGLO ATAS NEW SELO tanggal 13 Mei 2012,dengan ketua saya sendiri Priyo Supriyono,Sekretaris: Ipung Ratna, Bendahara: Tasmiyatun, Sie Perlengkapan Satria Manggala,Sie Dokumentasi: Fahmi Ahmad, Sie Komsumsi: Si Cew Gendeng, Sie Humas: Bakat Setiawan. Dengan adanya rencana KOPDAR TREKKING II kami semakin intens berkomunikasi dan sesekali kumpul untuk bahas kelanjutan rencana kopdar. Saya sangat senang sekali mendapat kepercayaan dari admin TREKKING pada saat itu hanya ada dua admin yaitu bang Tapak Sang Petualang-Bandung dan Bang Sobat Hijau-Bekasi.

         Sebelum acara KOPDAR TREKKING kita dapat undangan penghijauan Merbabu tanggal 17 Maret 2012, kebetulan saya berangkat dari jogja bertiga Saya,Ipung dan Amin, sampai di basecamp kita bertemu dengan anggota trekking yang lain, yaitu Aby Sang Petualang-Pekalongan,Shablenk Freeshin Beneran-Bawen, Karyanto Kathink-Jogja,Tupid Agaverus-Jogja,Cemplox Warsiah-Jogja,Alip Si Biri-biri-Ungaran, Az Garsel-Temanggung,Musthafa Barnabas-Pontianak dan rekan-rekan yang tdk bisa saya sebutkan satu persatu, Selesai acara penghijauan Saya dan Ipung ke BASECAMP KANG BARI MERBABU mencari mas Shocker Mahendra yang kebetulan kami belum pernah bertemu atau sebelumnya pernah bertemu beberapa tahun lalu, meski kami telah ada pertemanan di Facebook.Saya mencari beliau karena dapat rekomendasi Mas Bakat kalau beliau adalah orang basecamp Merapi yang nota bene mempunyai kewenangan untuk penggunaan JOGLO NEW SELO. Di basecamp inilah kali pertama saya bertemu dengan Mas Shocker Mahendra yang di dampingi mas Agus Blauk, kedatangan saya bermaksud untuk meminta bantuan mas Shocker ijin penggunaan Joglo Atas untuk acara KOPDAR TREKKING yang akan datang, dan beliau wellcome, siap support dan fasilitasi. Pertemanan saya dan Mas Shocker semakin akrab dan sering berbagi pengalaman dan cerita jaman dahulu tahun 90 an ketika kita masih remaja, dan sebagian teman lama yang dikenal mas Shocker saya juga mengenalnya.

          Tanggal 21-22 April 2012 saya atas nama pribadi mengadakan OPSIH LAWU via Cemorosewu, dan saya minta bantuan dari semua rekan-rekan yang hadir di penghijauan Merbabu sebelumnya. Alhamdulillah, karena imtimnya pertemanan kami, semua hadir tanpa terkecuali. Dan saya membentuk Team 12 sebagai pionerr dalam opsih yang terdiri dari; Ipung,Satria,Firgie,Az garsel,AbySang ,Alip,Si cew gendeng,Adel Cekodel,Shablenk dll saya lupa, yang pasti 12 orang. Saya juga minta bantuan temen-temen yang ketemu pas acara TEMU KANGEN MBOK YEM Tahun Baru 2012 antara lain: Rengganiss Rockadventure-Ponorogo, Kidz Funz-Ponorogo,Colut Joko Umbaran-Ponorogo,Erik Istrada Ponorogo,Hitam Panpan-ponorogo. Datang jugaTeam Choemero yang saya undang dan saya jadikan Team Penyapu yang terdiri dari Jedonk Chomero, Badri Simbah, Juni Jantung,Bindenk Sa dll. Ada juga delegasi dari TRASHBAG COMMUNITY JAKATRA yang terdiri dari; Om Al,Yadie Cello,Rawwit Jalak yang didampingi Bhembi Bhem.Setelah acara opsih lawu, pertemanan bertambah banyak dan semakin intens komunikasi di jejaring sosial Facebook maupun kopi darat.

         GO GREEN MERAPI 28 april 2012 oleh Shocker Mahendra, diacara ini saya hadir bersama Ipung,Kating,Tupid dan Acun Climber dari Bekasi. Di joglo bawah pertama kali bertemu dengan Mas Sismaja Sp dan Embah Gondrong.

          Dari pertemanan yang semakin langgeng saya berinisiatif untuk mengumpulkan temen-temen penggiat alam Jateng dan DIY yang semula di tempat kost Ipung Ratna di Salakan Jalan Paris, saat itu hanya beberapa orang yang hadir rutin: Saya, Ipung,Kathink,Tupid,Agoes Es dan Arief Saja, saya menyebutnya sebagai GENERASI I jogja yang didukung oleh Bakat Setiawan,Satria, Manggala, Abie Aremania biasanya kami ngopi sambil bakar jagung dan ngobrol masalah grup dan rencana-rencana pendakian. Sebelum kumpulan saya selalu up date status di wall pribadi dan grup trekking. Tujuan awal saya adalah mengumpulkan para penggiat alam Jateng dan DIY dan ingin membesarkan TREKKING.

        KOPDAR TREKKING II tanggal 13 Mei 2012 NEW SELO JOGLO ATAS menghasilkan keputusan pembagian KORWIL ( Koordinator Wilayah ) yang terdiri dari Karisidenan surakarta sebagai korwil Satria dan Fahmi Ahmad, DIY korwil Ipung dan Kathing, Karisidenan Kedu korwil Az Garsel,Karisidenan Banyumas korwil Tasmiyatun, Karisidenan Semarang Shablenk dan Aby petualang. Karisidena Pati Korwil.....maaf saya lupa. Dan sebagai KORDA ( Koordinator Daerah ) saya sendiri Priyo Supriyono...hehheheh, jika di ibaratakan pejabat saya adalah gubernur tapi tanpa jabatan dan tanpa gaji, wkwkkwkw. Saya secara pribadi sanagat menyukai grup TREKKING karena saat itu TREKKING adalah satu-satunya grup yang saya sangat inten disitu bersama Bunda Akeko Cutes Semeru,Mas Singgih Hari Prabowo, Cadas Angel,Ridwan Agung,Radamsyah Karta Raharja,Dede Ulil Siwo dll. Tidak perlu panjang cerita soal TREKKING, setelah kopdar dan pembentukan wilayah, trekking  bukan semakin solid tapi bisa dibilang kita sering terjadi gesekan, terutama temen-temen dari jateng DIY dengan temen-temen trekking Jakarta,kian hari masalah semakin meruncing hingga beberapa temen jateng di remove dari trekking. Sebagai KORDA saya betanggung jawab dan minta penjelasan mengapa temen-temen jateng di keluarkan dari grup. Intinya saya meminta keadilan, jika temen jateng dikeluarkan seharusnya temen Jakarta yang bermasalah juga di keluarkan.Hingga pada akhinya saya jarang sekali up date di grup. Meskipun begitu temen-temen trekking Jateng-DIY malah semakin solid. Sedikit demi sedkit saya mulai menghilangkan nama kopdar trekking Jateng DIY dan merubahnya menjadi KOPDAR PENGGIAT ALAM JATENG DIY. Kami selalu mengadakan pertemuan dan semakin banyak anggota yang ikut bergabung. Yang tadinya kita kumpul di kost Ipung perlahan kita pindah ke Kopi joss Utara Stasiun Tugu Jogja. Di sinilah lahir GENERASI II temen-temen dari magelang dan solo bergabung Orton Antras, Bekti Shevsenko,RimbaMandalawangi, Sayyid Adja Miftah, Adie Restu Bumi, Nanda Anggoro,Wahyu Widyati,Rian Ruli Narulita dll.

          OPSIH PANTAI PARANG TRITIS 27-28 Juli 2012.....hasil pertemuan beberapa kali, kami mempunyai ide untuk opsih pantai paris, dan sebagai ketua pelaksana adalah Arief saja. Opsih pantai di hadiri oleh semua temen-temen yang bisa ngumpul di kopi joss dan hadir juga temen-temn dari solo, klaten, magelang.Selesai Opsih minggu pagi mas Shocker duduk disebelah saya dan beliau menyarankan agar saya bikin grup sendiri. Mungkin beliau melihat Trekking yang sudah tidak kondosif  atau ada unsur lainnya...Huallahu alam Hanya Tuhan Yang tahu. Tapi saya hanya menjawab monggo kalau mau bikin grup. Dari sinilal awal ide bikin grup dari mas Shocker Mahendra, Tanggal 30 Juli 2012 mas Shocker bikin grup MITRA PETUALANG saya di masukan ke grup dan disuruh masukkan temen-temen.Spontan saya mengundang temen-temen trekking yang dibilang loyal sama saya. Pada awalnya kang Bakat kurang setuju dengan nama MITRA PETUALANG, tapi seiring berjlannya waktu grup itu masih berjalan. Perkumpuln berlanjut dan semakin banyak anggota, maka Ipung meminta saya untuk kumpulan di pindah saja di Angkringan Wijilan dan saya menyetujuinya. Di Wijilan munculah GENERASI III, Zhy Cinouna Dudul, Ikan Tengierie, Vdyan Purnama,Isha Estmosa, Alip Sibiri-biri, Maz Vai dll.

        KOPDAR dan BUKBER GEDONG SONGO UNGARAN 12-13 Agustus 2012......kita masih menggunakan istilah Penggiat alam JATENG-DIY, belum menggunakan MITRA PETUALANG, sebagai ketua pelaksana mas Alip Si biri dan Mas Shabelnk Freeshin Beneran....Di gedong songo inilah hadir temen-temen TRISALA yang yang 2 hari sebelumnya saya berkunjung ke basecamp TRISALA dan mengundangnya untuk hadir. Acara ini menubuhkan GENERASI KE IV Arya Satria Rasta, Anix Blukutuk,Khoirul anam,Irwan Cah Demak,Gilang Sang Fajar, Bayu Cavalera dll

           HALAL BIHALAL, CAMP CERIA DAN FUN RAFTING DI KAMPUNG ULU MAGELANG 15-16 September 2012. Ketua pelaksana adalah Mas Vai dari Magelang. Lahir GENERASI V ada Kaztol Zikomo,Zhasha Bunga Edelweis,Ansa Bening,Ber Aries,Tantri Lestari, Nomor Sebilan dll. Acra ini juga belum menggunakan nama MITRA PETUALANG.

            GO GREEN REMBANG 15-16 Desember 2012 oleh Ruup Low Bat....lahir GENERASI VI..Rabas Sensi, Gie Miracle,Hanny Erliani,Edie Siyuyukangkang, Dian Nak Kompas Dll.

             OPSIH LAWU DAN TEMU KANGEN MBOK YEM 2.....bersama Priyo Supriyono, Tyok Sang Petualang dan Jedonx Sanggar Kidal melahirkan GENERASI VII Ambar Sekar Telon,Elien Syahielin,Ni Yunira Pesex, Ma Tori dll. Komunitas semakin berkembang dan muncul beberapa ide salah satunya bikin kaos MITRA PETUALANG. Pertemuan di solo mulai di adakan, pertama-tama di Wedangan PMI CABANG SOLO, dan melahirkan GENERASI VIII ada Danto Petualang Rimba,Fariz Cokro,Dwix Tetap bersabar,The MaxNagapala,Mbellud Gotihc dll. Awal Februari secara resmi saya mengundurkan diri dari KORDA TREKKING Jateng dan DIY. Setelah keluar dari TREKKING saya ingin membesarkan GRUP MITRA PETUALANG dengan alasan ini adalah grup dimana semua anggota sudah kenal dan pernah bertemu. Dan sejak itu saya membuat peraturan tentang bagaimana cara bergabung di MP, karena diberi kewenangan sama mas Shocker Mahendra. Karena saya yang paling aktif di grup dan sering mengadakan acara-acara kopdar sehingga banyak yang mengira saya adalah pemilik grup, mungkin saya terlalu otoriter atau egois, yang pasti tujuan saya hanyalah menjalin dan memperat tali silaturahmi melalu forum MITRA PETUALANG.....hehehehe padahal saya cuma admin dan suatu saat juga bisa di keluarkan dari grup.........semoga MITRA PETUALANG tetap terjaga pada prinsip PEDULI,BERBAGI dan LINDUNGI.......semua yang telah dilalui MITRA PETUALANG adalah hasil kerja dan jerih payah seluruh anggota MITRA PETUALANG....mari kita tetap bersemangat untuk mewujudkan visi dan misi kita. Dan perlu diingat bahwasanya dari berbagai kalangan diluar menilai jika MITRA PETUALANG adalah forum yang terbebas dari Money Oriented atau Bisnis Oriented yang bergerak lebih kepada kemanusiaan dan sosial.

                                                          SALAM MITRA PETUALANG

GOODBYE TREKKING WELLCOME MITRA PETUALANG.........sebelum dan sesudahnya saya haturkan banyak terima kasih buat TREKKING.......karena semua berawal dari sini......HORMAT saya khusus kepada Bang Tapak Sang Petualang,Sobat Hijau,Agus Ry dan semua rekan-rekan trekking yang pernah bergabung diera saya..........atas nama pribadi saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. TERIMA KASIH.

                                                           FOTO-FOTO KOPDAR




















             

1 komentar: